Extended RAM pada HP: Meningkatkan Kinerja atau Sekadar Gimmick?

Extended RAM pada HP: Meningkatkan Kinerja atau Sekadar Gimmick?

Siapa yang tidak terpesona dengan kecanggihan teknologi yang semakin hari semakin mengagumkan? Di dunia gadget, perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan yang pesat. Salah satu inovasi yang menarik perhatian banyak orang adalah kemampuan untuk memperluas RAM pada perangkat seluler, khususnya pada ponsel cerdas atau smartphone. Terdengar menarik, bukan? Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas secara santai apa itu Extended RAM pada HP dan bagaimana hal tersebut dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda.

Apa Itu Extended RAM?

Sebelum kita terlalu jauh, mari kita jelaskan dulu apa itu RAM. RAM atau Random Access Memory adalah tempat penyimpanan sementara di mana ponsel menyimpan data dan aplikasi yang sedang berjalan. Semakin besar RAM, semakin banyak data yang bisa disimpan, dan semakin lancar pula ponsel Anda beroperasi. Nah, Extended RAM adalah fitur yang memungkinkan ponsel untuk menggunakan sebagian dari penyimpanan internal sebagai RAM tambahan. Jadi, misalnya, jika ponsel Anda memiliki penyimpanan internal 128 GB, dengan Extended RAM, sebagian dari ruang penyimpanan tersebut bisa digunakan sebagai RAM tambahan, meningkatkan kapasitas RAM secara efektif.

Bagaimana Extended RAM Bekerja?

Extended RAM adalah ketika kamu bisa nambahin kapasitas RAM di hp-mu. Tapi, jangan langsung seneng dulu ya. Buat nyala-in fitur ini, kamu mesti rela ngebayar pakaian yang sebenernya juga penting, yaitu bagian penyimpanan (storage). Dan, sebenernya, dia berguna, tapi nggak semuanya se-keren itu.

Begini, jangan bayangin kalau extended RAM 6+6GB bakal sama dengan punya hp dengan RAM 12GB murni. Soalnya, RAM ekstra yang kamu dapet dari extended RAM itu diambil dari tempat penyimpanan di hp-mu.

Contohnya, kalau kamu aktifin extended RAM buat nambahin RAM 6GB, ya dia bakal 'makan' tempat penyimpanan (storage) di hp-mu juga sebanyak 6GB. Jadi, kalau misalnya masih ada 10GB tempat kosong di hp-mu, dengan extended RAM yang nyala, tempat kosong di hp-mu bakal berkurang jadi cuma 4GB aja (10GB – 6GB = 4GB).

Jadi, pasti kamu bakal mikir dua kali sebelum nyala-in fitur extended RAM. Apalagi kalau ternyata kamu juga butuh banget tempat penyimpanan yang gede.

Terus, fitur ini aku bilang nggak se-keren itu, soalnya yang dijadiin RAM tambahan itu ya penyimpanan (storage) hp. Nah, kecepatan bacanya dan tulisannya jauh lebih lambat dibanding kecepatan RAM yang beneran.

Jadi, walaupun extended RAM ini bisa dipake, pengalaman yang kamu dapetin pasti nggak se-lancar kalau pake hp yang RAM-nya udah gede dari awal.

Dari sisi kinerja, kayaknya penggunaan extended RAM nggak bakal berpengaruh banget. Apalagi karena kurang optimal kayak yang aku bilang tadi. Dia cuma berguna kalo kamu sering banget multitasking parah. Baca aja tentang manfaat punya RAM gede biar nggak salah paham soal RAM.

Aku sendiri pernah denger cerita dari beberapa pembaca di blog ini. Mereka bilang, pas nyoba nyala-in extended RAM, kinerja hp-nya malah jadi lebih jelek (bukan makin bagus). Ada yang ngomong aplikasinya jadi lemot, ada juga yang bilang aplikasinya sering crash, tiba-tiba nutup sendiri, gitu deh.

Aku nggak bisa pastiin apakah itu emang efek samping dari semua hp yang nyala-in extended RAM, atau cuma sebagian orang aja yang ngalamin.

Yang lain yang bikin khawatir itu soal umur penyimpanan. Meskipun belum ada penelitian yang pastiin ini, tapi banyak orang yang takut nyala-in fitur extended RAM ini.

Mereka takutnya, 'nyawa' penyimpanannya bakal cepet abis kalo pake fitur ini. Akibatnya, penyimpanannya bisa cepet rusak sendiri.

Lokasi Toko

atau
Planet Gadget - Samsung Experience Store
0.0 km
Jl. Teuku Umar No.6, Dauh Puri Klod, Denpasar, Bali, 80114 Kota Denpasar, Indonesia
082211855517
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Teuku Umar
0.0 km
Jl. Teuku Umar No.84, Dauh Puri Kauh, Denpasar, Bali, 80113 Kota Denpasar, Indonesia
081138013624
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Gatsu Barat
0.0 km
Jl. Gatot Subroto Barat No.1B, Kerobokan Kaja, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80362, Bali, 80362 Kabupaten Badung, Indonesia
081138013616
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Ir Soekarno Tabanan
0.0 km
Jl. Dr. Ir. Soekarno No.99XX, Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82123, Bali, 82123 Kabupaten Tabanan, Indonesia
081138013615
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Ngurah Rai Gianyar
0.0 km
Jl. Ngurah Rai-Gianyar No.10, Gianyar, Bali, 80511 Kabupaten Gianyar, Indonesia
081138013617
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Ahmad Yani Sidoarjo
0.0 km
Jl. Ahmad Yani No.59, Sidokumpul - Sidoarjo, Jawa Timur, 61212 Kabupaten Sidoarjo, Indonesia
08819467232
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Soekarno Hatta Malang
0.0 km
Jl. Soekarno Hatta No.38-39, Mojolangu - Kota Malang, Jawa Timur, 65115 Kota Malang, Indonesia
081138013605
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Manado
0.0 km
Jl. Sam Ratulangi No.21, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara 95111, Sulawesi Utara, 95111 Kota Manado, Indonesia
085339309091
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Ahmad Yani Singaraja
0.0 km
Jl. A. Yani No.133, Banyuasri, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81119, Bali, 81119 Kabupaten Buleleng, Indonesia
081138013623
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Siliwangi Bogor
0.0 km
Jl. Siliwangi No.182, Lawanggintung, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat 16133, Jawa Barat, 16133 Kota Bogor, Indonesia
081138013606
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Jakarta Timur
0.0 km
Jl. Pahlawan Revolusi No.2 No.3, RT.8/RW.9, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430, DKI Jakarta, 13430 Kota Jakarta Timur, Indonesia
081138013608
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
SAMSUNG PREMIUM STORE
0.0 km
Jl. Teuku Umar No.68, Dauh Puri Kauh, Denpasar, Bali, 80113 Kota Denpasar, Indonesia
081138013621
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Banyuwangi
0.0 km
Jl. Jenderal Ahmad Yani No.17, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten, Jawa Timur, 68416 Kabupaten Banyuwangi, Indonesia
081138013612
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Ahmad Yani Surabaya
0.0 km
Jl. Ahmad Yani No.174, Gayungan, Kec. Gayungan, Kota SBY, Jawa Timur 60235, Jawa Timur, 60235 Kota Surabaya, Indonesia
081138013613
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
HandphoneShop
0.0 km
Jl. Teuku Umar No.100, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali, Bali, 80113 Denpasar Barat, Indonesia
081138013619
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Kuta
0.0 km
Jl. Blambangan No.8b Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361, Bali, 80361 Kabupaten Badung, Indonesia
081138013622
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Gatsu
0.0 km
Jl. Gatot Subroto Timur. No.89, Dangin Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80231, Bali, 80231 Denpasar, Indonesia
081138013614
09:00 - 22:00
Monday 09:00 - 22:00
Tuesday 09:00 - 22:00
Wednesday 09:00 - 22:00
Thursday 09:00 - 22:00
Friday 09:00 - 22:00
Saturday 09:00 - 22:00
Sunday 09:00 - 22:00
Planet Gadget Kupang
0.0 km
Jalan Jenderal Sudirman No.44 Kuanino, Nunleu, kec. Kotaraja, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim. 85119, Nusa Tenggara Timur (NTT), 85119 Kupang, Indonesia
081138013618
WhatsApp Chat WhatsApp Chat